Penyakit Morbili – Pengertian, Gejala, Penyebab, Pengobatan, Komplikasi dan Pencegahan

Penyakit Morbili – Pengertian, Gejala, Penyebab, Pengobatan, Komplikasi dan Pencegahan

IdSehat.com || Penyakit Morbili – Apakah Anda pernah terkena penyakit morbili? Apa yang Anda rasakan? Apakah sakit atau gatal atau bagaimanakah yang Anda rasakan? Penyakit semacam ini memang tak jarang di temukan pada berbagai kalangan. Namun pada umumnya penyakit tersebut lebih sering ditemukan pada kalangan anak kecil. Penyakit campak atau morbili ini memang tidak terlalu membahayakan jika terjadi pada anak-anak yang memiliki kecukupan gizi dan sehat namun jika penyakit ini menyerang anak yang memiliki kekurangan gizi, maka bisa berakibat fatal atau berbahaya. Sebenarnya apakah penyakit campak atau morbili ini? Bagaimana gejala-gejala yang sering dirasakan oleh orang yang menderita penyakit tersebut? Jika Anda membutuhkan informasi mengenai penyakit campak atau morbili, simaklah pada artikel ini karena akan dimuat beberapa informasi mengenai segala hal yang berhubungan dengan penyakit tersebut mulai dari pengertian, tanda dan gejala, penyebab, pengobatan sampai pencegahan.

 

Pengertian Penyakit Morbili

Campak merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus sistem pernapasan. Campak atau dalam dunia kesehatan biasa disebut dengan penyakit morbili merupakan suatu penyakit sangat menular, bisa menyebar melalui kontak air liur atau lendir yang sedang terinfeksi virus morbili. Jika seseorang yang sedang menderita atau terinfeksi virus campak lalu orang tersebut batuk maupun bersin maka orang itu bisa melepas dan menularkan  virus melalui udara. Virus campak ini biasanya mampu bertahan hidup di permukaan dalam waktu beberapa jam. Partikel yang terinfeksi mampu bertahan di udara kemudian dalam waktu yang singkat siapapun bisa terinfeksi virus tersebut. Oleh sebab itu jika orang yang berada di sekeliling Anda ada yang menderita penyakit campak, sebaiknya jaga jaraklah.

 

Tanda & Gejala Penyakit Morbili

Seperti yang Anda ketahui bahwa penyakit morbili atau campak bisa menjadi salah satu penyakit yang berakibat fatal jika terjadi pada anak kecil dibawah 5 tahun yang memiliki kekurangan gizi. Lalu bagaimanakah tanda dan gejala yang timbul dari penyakit campak? Tanda dan gejala penyakit campak yaitu meliputi:

  1. Demam
  2. Pilek
  3. Batuk Kering
  4. Terjadinya konjungtivitas (mata merah meradang)
  5. Sakit tenggorokan
  6. Diare
  7. Peka terhadap cahaya
  8. Adanya bintik-bintik yang berwarna putih kebiruan di sekitar tengahnya, biasanya tanda-tanda seperti ini bisa dilihat pada lapisan dalam pipi (Komplik’s spot)
  9. Adanya ruam kulit yang berwarna merah. Ruam kulit tersebut tersebar dengan merata dan berukuran kecil-kecil serta rapat di hampir seluruh bagian tubuh.

 

Penyakit Morbili Pada Anak Penyakit Morbili Pada Anak2

 

Penyebab Penyakit Morbili

Setelah Anda mengetahui tanda dan gejala dari penyakit campak, lalu sebenarnya apa yang menyebabkan seseorang terkena penyakit menular seperti penyakit morbili atau penyakit campak ini? Penyebab dari penyakit campak yaitu virus campak (measles virus). Virus campak bisa ditemukan pada tenggorokan yang menderita campak dan lendir hidung. Virus tersebut sangat menular, penularannya bisa melalui batuk, bersin, maupun berbicara dengan penderita campak. Jadi jika kekebalan tubuh Anda sedang dalam kondisi yang kurang bagus maka apabila berada di sekitar orang yang terkena penyakit campak, bisa jadi dalam waktu yang singkat Anda terinfeksi virus tersebut. Penularan virus campak ini terjadi dalam waktu 8 hari yaitu 4 hari sebelum munculnya ruam kulit dan 4 hari setelah muncul ruam kulit.

Baca Juga :

Penyakit Disleksia | Pengertian, Gejala, Penyebab, Pengobatan & Pencegahan

7 Gejala Kanker Paru-Paru Paling Sering Diabaikan

10 Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Mengenal Gejala Usus Buntu Sedini Mungkin

 

Pengobatan Penyakit Morbili

Jika Anda maupun anak Anda mengalami penyakit campak, tak usah terlalu khawatir, karena penyakit ini masih bisa disembuhkan dengan beberapa pengobatan khusus. Pengobatan tersebut yaitu dengan cara meminum obat. Namun sebenarnya hingga saat ini belum terdapat adanya obat yang bisa membasmi virus campak. Akan tetapi biasanya penyakit campak bisa diobati dengan meminum obat yang berfungsi untuk memulihkan komplikasi dari penyakit morbili tersebut yaitu obat penurun panas atau demam, antibiotic, dan vitamin A. Semua obat dan vitamin yang Anda butuhkan untuk mengurangi gejala yang terjadi akibat campak tersebut bisa di dapatkan dari dokter maupun dari apotek terdekat. Untuk obat penurun panas bisa digunakan obat yang mengandung paracetamol, ibuprofen, ataupun naproxen. Sedangkan vitamin A yang berfungsi sebagai salah satu pengobatan yang mampu mengurangi dan mempercepat pemulihan biasanya diberikan sekitar 200.000 unit internasional atau IU dalam waktu 3 hari yaitu pada hari ke 1, 2 dan hari ke 14.

 

Komplikasi Penyakit Morbili

Selain beberapa gejala dari penyakit morbili yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa penyakit komplikasi akibat penyakit campak yang tak lain bisa menyebabkan terancamnya jiwa. Komplikasi yang terjadi diantaranya yaitu seperti ensefalitis atau biasa disebut radang otak, pneumonia, infeksi telinga, kebutaan, diare berat, penurunan trombosit darah, persalinan premature atau keguguran, dan bronkitis. Jika terjadinya komplikasi seperti itu, maka bisa mengancam jiwa, sehingga di Amerika Serikat pun pada setiap harinya tak jarang beberapa ribu orang meninggal dunia akibat menderita komplikasi dari penyakit campak. Bahkan jika sudah terjadi komplikasi, penyakit ini sangat mematikan sehingga penyakit campak sudah termasuk ke dalam urutan ke 5 penyakit terbanyak yang di derita di dunia yang bisa mematika. Oleh karena itu jika Anda menderita penyakit campak alangkah lebih baiknya ditangani dengan segera dan berobat ke dokter supaya tidak terjadi komplikasi yang semakin memperparah kondisi tubuh Anda.

 

Pencegahan Penyakit Morbili

Penyakit campak memang merupakan salah satu penyakit yang tidak terlalu membahayakan. Namun jika terjadi beberapa komplikasi seperti yang telah dibahas diatas, maka penyakit campak bisa mematikan jiwa seseorang yang menderitanya. Lalu bagaimanakah cara supaya tidak menderita penyakit campak yang bisa mematikan ini? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan pencegahan penyakit campak. Pencegahannya yaitu bisa dilakukan dengan memberi vaksinasi dan isolasi.

  • Vaksinasi
    Vaksinasi atau biasa disebut dengan imunisasi campak merupakan salah satu program yang wajib diberikan terhadap balita berusia diatas 6 bulan. Dengan dilakukannya imunisasi campak ini para orang tua pastinya sangat mengharapkan bisa mencegah anaknya supaya tidak terkena campak dan setidaknya dengan diberikannya vaksin maka bisa sedikit mengurangi adanya resiko komplikasi dari penyakit campak.
  • Isolasi
    Jika ada seseorang yang terkena penyakit campak, sebaiknya orang yang menderita tersebut beristirahat di rumah dari 4 hari sebelum munculnya ruam hingga 4 hari setelah munculnya ruam. Hal ini dilakukan sebagai pencegahan untuk melindungi orang-orang yang tidak terkena campak, terutama untuk orang-orang yang belum mendapat vaksinasi atau imunisasi campak.

Seperti itulah informasi mengenai pengertian penyakit morbili, tanda dan gejala pada penyakit campak, penyebab,  cara pengobatan, komplikasi dan pencegahan penyakit campak. Dari artikel yang Anda baca ini sepertinya ada dua langkah pencegahan terjadinya campak yang bisa dilakukan supaya Anda maupun anak-anak Anda tidak menderita penyakit yang membahayakan ini jika terjadi komplikasi. Sehingga sebelum terjadi atau menderita penyakit campak, sebaiknya lakukanlah pencegahan penyakit tersebut, karena pencegahan tentu saja akan lebih baik daripada mengobati. Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda.

NOTE : Jika Artikel ini Bermanfaat Untuk Anda, MOHON Disharing Agar Teman-Teman Yang Lain Mendapatkan Manfaatnya. Terimakasih

Tags: , , , , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.