7 Gejala Kanker Paru-Paru Paling Sering Diabaikan

7 Gejala Kanker Paru-Paru Paling Sering Diabaikan

IDSehat.com || 7 Gejala Kanker Paru-Paru Paling Sering Diabaikan – Banyaknya diantara kita yang kurang menyadari gejala yang muncul pada diri. Sehingga terlambat ke dokter. Terutama perokok sering kali muncul gejala yang kurang disadari tetapi itu sudah muncul gejala-gejala seperti kanker paru-paru yang paling sering dialami perokok. Keberhasilan sebuah pengobatan tergantung seberapa parah sebuah penyakit saat didiagnosis atau ditemukan. Maka dari itu kita harus mengenal 7 gejala Kanker Paru-paru yang paling sering diabaikan. Dikutip dari Reader’s Digest, yaitu

7 Gejala Kanker Paru-Paru Paling Sering Diabaikan

1. Batuk Darah

Batuk darah menandahkan adanya pendarahan atau gangguan dalam paru-paru dan sangat tidak baik untuk kesehatan. Profesor dan ketua bedah toraks dari Mount Sinai School of Medicine di New York City, Raja Flores, MD mengatakan: Jika Anda batuk darah maka segera periksakan ke dokter Anda. Karena batuk darah bisa menjadi tanda adanya kanker paru-paru, tetapi itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk diagnosis pasti.

2. Nyeri Dada

Nyeri dada merupakan gejala dari beberapa penyakit, seperti penyakit jantung (serangan jantung) dan menjadi salah satu gejala dari kanker paru. Gejala dari kanker paru seperti : nyeri dada tembus kepunggung, batuk, sesak di dada. Nyeri yang ditimbulkan oleh kanker paru ini terletak dimana kanker itu tumbuh. Jika kanker tumbuh dibelakang paru maka nyeri akan terasa di punggung, Menurut Dr. Flores.

3. Batuk Memanjang

Salah satu dari  Gejala Kanker Paru-Paru adalah batuk yang berkepanjangan tidak kunjung membaik. Menurut Dr. Flores ; Jika kanker berada di jalan nafas dapat membuat iritasi tenggorokan dan batuk berkepanjangan dan berlendir.

4. Sesak Napas

Jika Anda sering mengalami sesak nafas baik saat naik tangga ataupun aktivitas ringan maupun hanya sekedar berjalan biasa, bisa menjadi salah satu gejala kanker paru-paru. Menurut Dr. Flores ; “sesak napas bisa diakibatkan oleh tumor yang menghalangi jalan napas atau dari cairan yang menumpuk di paru-paru akibat akumulasi dari cairan yang ditimbulkan oleh kanker paru sendiri sehingga menekan paru-paru menyebabkan kekurangan oksigen dalam paru dan membuat sesak. Jika sesak makin memburuk, pada saat duduk atau baring maka segeralah ke Rumah Sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis

5. Lelah Berlebihan

Dengan adanya Penurunan berat badan secara drastis dan nafsu makan hilang, ini bisa menjadi salah salah satu gejala kanker Paru-paru. Biasanya di ikuti lelah yang berlebihan dengan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Sesuai dengan pernyataan American Cancer Saciety.

6. Asma

Dengan adanya penyakit asma di usia dewasa atau pada usia tua, maka dapat kita waspadai adanya kanker paru. Menurut Dr. Flores : Penyakit asma merupakan salah satu gejala kanker paru yang tidak biasa. Lebih baik dilakukan skrining lebih awal untuk memastikan ada tidaknya tumor di paru-paru.

7. Munculnya Berbagai Keluhan

Berbagai keluhan yang muncul seperti : nyeri kepala, gangguan keseimbangan, tungkai terasa mati, nyeri punggung, nyeri sekitar perut bisa menjadi suatu gejala kanker paru. Jika kanker paru-paru sudah menyebar ke bagian-bagian tubuh lainnya maka ada menimbulkan keluhan sesuai dengan bagian yang ditempatinya. Jika menyebar ke hari maka muncul keluhan mata kuning serta kulit yang menguning dan nyeri timbul di daerah abdomen.

Kanker paru-paru sering kali tidak munculnya gejala secara dini hingga stadium lanjut. Banyaknya pasien didiagnosis setelah kanker sudah menyebar bagian-bagian tubuh lainnya. Dengan mengetahui gejala kanker paru-paru sehingga dapat sesegera mungkin untuk melakukan pemeriksaan di dokter keluarga atau dokter spesialis Anda. Dan Anda dapat menerapkan pola hidup sehat dan stop merokok sehingga dapat mengurangi resiko terkena kanker paru-paru.

Itulah 7 Gejala Kanker Paru-Paru Paling Sering Diabaikan. Maka dari itu dengan mengetahui gejala-gejala kanker paru-paru sehingga Anda dapat secara dini untuk memeriksakan diri Anda serta memberikan motivasi untuk menjalani hidup sehat. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

NOTE : Jika Artikel ini Bermanfaat Untuk Anda, MOHON Disharing Agar Teman-Teman Yang Lain Mendapatkan Manfaatnya. Terimakasih

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.