10 Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi

10 Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi

IDSehat.com || 10 Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi – Kolesterol adalah senyawa kompleks yang dihasilkan oleh tubuh dan senyawa kolestrol yang dapat dari luar tubuh berasal dari makanan. Kolesterol ada 2 jenis, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

  • HDL (High Density Lipoprotein) merupakan kolesterol yang berguna untuk mencegah kolesterol jahat mengendap dan membantu membersihkan lemak yang menempel pada pembuluh darah serta HDL ini tidak merugikan kesehatan tubuh.
  • LDL (Low Density Lipoprotein) yang merupakan kolesterol jahat dalam tubuh yang membahayakan kesehatan tubuh karena dapat menyumbat pembuluh darah arteri dan mesti kita hindari.

Kadar Kolesterol Darah Normal

  • Kolesterol Total : <200 mg/dl
  • Koleterol LDL : <100 mg/dl
  • Kolesterol HDL : <40 mg/dl
  • Kadar Trigliserida : <150 mg/dl

Kolesterol adalah zat lemak yang terdapat di dalam tubuh manusia yang diproduksi oleh organ hati dan kolesterol juga dapat di dapat dari makanan sehari-hari. Kolesterol meningkat diakibatkan banyak faktor, salah satunya dari makanan. Maka dari itu makanan yang tinggi kolesterol yang harus dihindari. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dalam porsi banyak akan mengakibatkan meningkatnya kolesterol dalam darah dan dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung. Maka dari itu dengan mengatur pola makanan dengan seimbang dapat menjaga agar kesehatan tubuh tetap baik.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang makanan-makanan yang tinggi kolesterol yang mesti dihindari untuk menjaga atau mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal.

10 Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat dan menjalani olahraga secara teratur merupakan cara mencegah timbulnya berbagai penyakit didalam tubuh. Salah satunya dapat menyembabkan kadar kolesterol dalam batas normal.

Dibawah ini merupakan 10 Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi yang tidak dianjurkan dikonsumsi dalam porsi berlebihan dan dapat dihindari bagi pengidap penyakit kolesterol tinggi. Berdasarkan data dari berbagai sumber, inilah makanan-makanan mengandung kolesterol tinggi dibawah ini :

1. Makanan Diolah Dengan Digoreng

Karena kebiasan dan penghematan, sering kali kita jumpai baik di rumah tangga maupun penjual jajanan gorengan yang ada disekitar kita yang menggunakan minyak goreng yang digunakan berkali-kali pakai mengoreng serta minyak yang sangat panas sehingga membuat makan tersebut mengandung tinggi kolesterol. Proses menggoreng dengan minyak yang berulang-ulang kali dipakai dengan suhu panas yang tinggi memberikan dampak meningkatnya kadar asam lemak jenuh terhadap gorengan tersebut.

Dengan gorengan yang diproses minyak berulang-ulang kali dapat meningkatkan kadar Low Density Lipoprotein (LDL) dalam darah yang disebabkan kandungan lemak jenuh yang berlebihan didalamnya. LDL merupakan lemak jahat dalam darah. LDL kenapa dikatakan lemak jahat? Karena LDL merupakan lemak yang sangat mudah menempel pada permukaan dinding pembuluh darah sehingga menimbulkan penyumbatan pada aliran darah. Sehingga meningkatkan terjadinya penyakit Kardiovaskuler ataupun penyakit Sroke.

2. Otak Sapi

Pada dasarnya otak sapi memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Seperti kita tahu otak sapi mengandung kolesterol dalam setiap 10 gram otak sapi dapat mengandung kolesterol 2.500 mg. Maka dari itu bagi Anda yang gemar makanan yang terbuat dari olahan daging sapi sebisa mungkin menghindari konsumsi otak sapi, meskipun sampai sekarang belum ada penelitian yang menjelaskan seberapa besar porsi otat sapi dapat dikonsumsi tiap harinya.

3. Telur

Telur terbagi 2, putih telur dan kuning telur. Yang memiliki kandungan kolesterol tinggi yaitu kuning telur. Dalam 100 gram kuning telur memiliki kandungan kolesterol sekitar 1200 miligram. Kandungan kuning telur ini memiliki jumlah yang cukup besar dibanding dengan kebutuhan setiap harinya yang dibutuhkan tubuh. Sekitar 400% dibanding yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Dengan mengkonsumsi 1 butir telur setiap harinya dapat Anda hindari makanan-makanan yang mengandung kolesterol lainnya karena dengan 1 butir telur sudah mencukupi, malahan melebihi dari kebutuhan setiap harinya.

4. Hati

Hati merupakan makanan yang enak dan banyak digemari atau disukai. Namun, makanan olahan yang terbuat hati ini memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Dalam 100 gram hati mengandung 564 mg kolesterol atau 188% dari kebutuhan kolesterol setiap harinya. Menurut American Health Association, orang dewasa tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung 300 mg kolesterol setiap harinya.

5. Mentega

Setiap 100 mg mentega memiliki kandungan kolesterol sekitar 215 mg atau 1 sendok makan mentega mengandung sekitar 20 mg kolesterol. Dengan mengkonsumsi makan olahan yang mengandung mentega sering dikonsumsi berlebihan, seperti : roti, kue dan makanan olahan menggunakan mentega. Dengan mengetahui kandungan kolesterol pada setiap makanan, maka Anda  dapat mengontrol asupan makanan Anda akan makanan yang mengandung mentega sehingga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah Anda.

6. Udang

Udang merupakan makanan laut yang banyak digemari oleh banyak kalangan. Tetapi dibalik nikmatnya udang mengandung kolesterol cukup tinggi. Dalam 100 mg udang mengandung 195 mg kolesterol. Jika dalam pengolahan makan seafood termasuk udang sebaiknya direbus untuk menghindari kandungan kolesterol yang berlebihan sebaiknya hindari diolah cara digoreng yang dapat meningkatkan kadar kolesterol akibat penggunaan minyak goreng.

7. Ayam

Masakkan olahan ayam paling banyak kita jumpai disekitar kita. Baik olahan cepat saji maupun olahan rumahan. Daging ayam ternyata memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Sebenarnya lemak jenuh tinggi pada ayam paling tinggi pada bagian paha dan kulit ayam tersebut serta hindari pengolahan ayam dengan cara digoreng karena dapat meningkatkan kadar lemak jenuh pada olahan ayam tersebut.

8. Keju

Keju merupakan salah satu sumber protein dan kalsium yang baik untuk tubuh. Keju juga merupakan makan yang mengandung kolesterol cukup tinggi. Setiap 100 mg keju, mengandung 123 mg kolesterol. Maka dari itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan olahan yang mengandung keju secara berlebihan.

9. Es Krim

Es krim merupakan salah satu makanan favorit banyak kalangan, baik anak-anak sampai orang tua. Tetapi es krim memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga kadar kolesterolnya tinggi. Sebenarnya es krim ini sebenarnya tergantung dari bahan pokok pembuatannya yang mengandung tinggi kolesterol. Es krim biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti : santan, susu dan lain-lainya yang memiliki kandungan kolesterol cukup tinggi.

10 . Cumi-cumi

Cumi-cumi merupakan salah satu makanan seafood yang banyak digemari. Tetapi cumi-cumi juga mengandung cukup tinggi kadar kolesterol yang dikandung. Hidarilah konsumsi berlebihan dan pengolahan cumi-cumi dengan cara digoreng.

Itulah 10 Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi yang kita bahas dalam artikel ini. Dengan mengetahui 9 makanan mengandung kolesterol tinggi dapat kita hindari konsumsi yang berlebihan karena dapat mengganggu kesehatan tubuh. Kolesterol tinggi dapat berakibat meningkatnya  resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Dengan mengetahui makanan-makanan diatas tentu dapat kita hindari kebiasan buruk sehingga kita dapat menjalani pola hidup sehat dan gaya hidup sehat. Untuk mencegah penyakit kolesterol tinggi dapat kita hidari makanan-makanan diatas, perbanyak konsumsi buah-buahan, olahraga secara teratur dan hindari stress tinggi.

Atas kunjungan dan membaca artikel 10 Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi sehingga dapat Anda hindari. Baca juga Artikel-artikel kesehatan lainnya yang ada di IDSehat.com.

NOTE : Jika Artikel ini Bermanfaat Untuk Anda, MOHON Disharing Agar Teman-Teman Yang Lain Mendapatkan Manfaatnya. Terimakasih

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.